You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Bukit Jaya
Desa Bukit Jaya

Kec. Bahar Selatan, Kab. Muaro Jambi, Provinsi Jambi

Selamat Datang di Website Desa Bukit Jaya. Semoga Informasi yang kami sampaikan bermamfaat sebagi wujud Transparansi Pemerintah Desa Bukit Jaya menuju Desa Bukit Jaya SATRIA 2025 (Sejahtera, Aman , Tertib, Berbudaya dan berakhlak Mulia)

Kegiatan Rembuk Stunting Tahun 2023

DANA BAHARI 21 Juli 2023 Dibaca 39 Kali
Kegiatan Rembuk Stunting Tahun 2023

Rembuk Stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun berikutnya, dan juga menjadi amanat Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanganan stunting. Proses Rembuk stunting berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, PAUD, masyarakat Desa, dan unsur-unsur lainnya dengan pemerintah Desa dan BPD untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Desa khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Desa. 

WhatsApp Image 2023-07-21 at 10-21-09 

 
Dalam kesempatan Rembug Stunting yang dilaksanakan pada hari, Jum'at 21 Juli 2023, Pemerintah Desa Bukit Jaya melakukan kegiatan guna mendukung program pemerintah dalam mencegah gejala stunting. Kegiatan ini juga dihadiri BPD Desa Bukit Jaya beserta anggota, Pendamping Lokal Desa, Ketua TP PKK Desa Bukit JAya, Kepala Puskesmas Kecamatan Bahar Selatan beserta seluruh Kader Kesehatan Desa Bukit Jaya.

Di dalam melaksanakan konvergensi intervensi untuk pencegahan stunting di tingkat Desa, rembuk stunting merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan untuk mengkonsolidasi usulan-usulan kegiatan berdasarkan data hasil pemetaan lima paket layanan yang telah dikumpulkan oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM).  Rembuk stunting dilakukan melalui diskusi terarah untuk mendapatkan komitmen desa dan menyepakati kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memastikan konvergensi baik yang akan dilakukan pada tahun berjalan maupun untuk dimasukkan dalam rkp Desa tahun berikutnya. Pelaku program terkait penanganan stunting termasuk UPT terkait, Puskesmas, terutama sanitarian dan ahli gizi, Pamsimas, Program Keluarga Harapan (PKH), Kawasan Rumah Pangan Lestari dan kelompok wanita tani dan lain-lain dan organisasi masyarakat seperti kelompok tani atau KWT kelompok keagamaan dan karang taruna.

WhatsApp Image 2023-07-21 at 10-21-000 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image